JOB APLICATION LETTER (B.Inggris Kelas XII)

cotoh lamarakn kerja bahasa Inggris sebagai engenier

Application LetterContoh surat lamaran kerja bahasa Inggris ini sangat penting untuk dipelajari karena menjadi pintu pertama bagaimana pihak divisi personalia atau HRD melihat, berkenalan, dan menilai kita sebagai pelamar kerja. Tentu karena statusnya sebagai “front door”, maka surat lamaran pekerjaan (application job) itu harus menarik dan memberikan kesan positif bagi pelamar kerja.

Surat lamaran kerja bahasa Inggris ini menjadi salah satu dari topik functional text disamping iklan (advertisement), pengumuman (annoucement)posterbanner, dan lowongan pekerjaan (job vacancy) dalam belajar bahasa Inggris di sekolah-sekolah menengah baik SMA, MA dan juga SMK. Karena itu pola penulisan dan penyusunan kalimat serta paragraf surat lamaran kerja bahasa Inggris ini harus mengikuti generic structure nya.

Cara menulis surat lamaran kerja yang baik mungkin ada bermacam-macam namun secara umum struktur yang disepakati secara luas adalah sebagai berikut:

1. Header: Surat pengantar untuk lamaran kerja dalam bahasa Inggris seharusnya menginformasikan kontak  perusahaan yang sedang dilamar seperti nama perusahaan, alamta, nomor telephone, email dan diikuti dengan tanggal dibuatnya surat.
2. Salutation: Salam pembuka ditujukan kepada siapa penerima surat lamaran kerja tersebut. Sering dalam lowongan kerja tidak menyebutkan nama pasti siapa yang berwanang menerima lamaran, maka dalam kasus seperti ini, cukup tulis saja!
* Dear Sir,
* Dear Hiring Manager,
3. Introduction:  Mualailah menulis surat lamaran kerja itu dengan menyebut posisi pekerjaan yang sedang dilamar. Sebutkan pula dari mana informasi lowong tersebut kita dapatkan, bila perlu sebutkan pula nama pihak ketiga yang memberi informasi kepada kita.
4. Body: Pada paragraf ini kita perlu memberikan ulasan kenapa kita layak menempati posisi yang diinginkan. Meyakinkan hal ini bisa dengan memberikan ulasan singkat tentang kualifikasi dan kepampuan yang kita punyai secara spesifik. Bila perlu berikan contohnya.
5. Closing: Pada paragraf ini kita perlu merevie kembali bahwa kita memang layak dengan posisi yang diiklankan. Tulislah betapa kita menginginkan kesempatan untuk bertemu dan inteview dengan cara menyebutkan nomor kontak dan waktu yang paling meungkinkan. Jangan lupu untuk menulis ucapan terima kasih.
5. Signature:  Bentuk keseriusan dan legalitas sebuah dokumen sering diukur dengan tanda tangan. Dalam surat lamaran pekerjaan jangan pernah lupa untuk menandatangani dan diikuti dengan nama lengkap yang jelas.

CONTOH:

Jalan Lumba-lumba 10
Jogjakarta
June 24, 2014

Attention To:
Budi Ruminto
Human Resources Manager
PT. Telaga Sakti Inti
Jl. Kutilang No.70
Jogjakarta

Dear Mr. Ruminto

Writing this letter, I wish to apply for the position of Accounting Staff which was advertised on Koran Pagi, June 18, 2004.

I have been working for one year as an Accounting Staff in PT. ABC Finance. While working there, I have experience of a wide variety of pattern techniques.

I have a very good skill at operating computer. Thus I have an excellent record as a reliable and productive employee. I am seeking new challenges as Accounting Staff.

With this cover letter, I enclose Curriculum Vitae for your consideration. I look forward to hearing from you soon. I will be available for interview at your convenience.

Sincerely yours,
Dewi Sintia





Komentar